
Tetapi tahukah kita awal mula terciptanya kendaraan yang populer ini. Mari kita gali sedikit sejarah tentang kendaraan ini, hitung-hitung nambah ilmu.
Ernest Michaux


Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda motor ketika dia mencoba kreasi ayahnya tersebut pada tanggal 10 November 1885 dengan kecepatan mendekati 10Kpj.Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil


Sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895
ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York.
Disebut-sebut, pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ
Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain
sendiri. Pennington menyebutkan, sepeda motor yang dia desain itu dapat
dipacu dengan kecepatan 93 kilometer per jam, dan ia dianggap sebagai
orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).
Tahun 1895, perusahaan pembuat sepeda Inggris, Triumph, memutuskan untuk
juga membuat sepeda motor. Untuk itu, Triumph membeli sepeda motor
Hildebrand und Wolfmüller dan mempelajari bagaimana membuatnya. Empat
tahun sesudahnya, 1902, perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang
pertama, yang menggunakan mesin Minerva buatan Belgia. Pada tahun 1905,
Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri, yang menyandang
mesin berkekuatan 3 PK dan kecepatan maksimumnya 72 kilometer per jam.

Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat lain, Indian Motorcycle
Manufacturing Company, yang berlokasi di Springfield, Massachusetts,
muncul dengan sepeda motor Indian Single.

BSA 1915 Model-K


BMW R32 1923
Pada tahun 1930-an ada sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris, di
antaranya Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek lainnya yang tidak
begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, dan Whitwood.
Perkembangan sepeda motor di Eropa, antara lain, juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945), di mana sepeda motor pun dibuat untuk keperluan militer. Dan, pada masa itu, BSA membuat 126.000 unit sepeda motor M20 untuk Angkatan Bersenjata Inggris.
Perkembangan sepeda motor di Eropa, antara lain, juga dipicu oleh Perang Dunia II (1939-1945), di mana sepeda motor pun dibuat untuk keperluan militer. Dan, pada masa itu, BSA membuat 126.000 unit sepeda motor M20 untuk Angkatan Bersenjata Inggris.
Seusai Perang Dunia II, tahun 1946, desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa dan langsung menarik perhatian dunia. Pada tahun 1946 itu juga, perusahaan pembuat perlengkapan radio Italia, Ducati, membuat mesin 50 cc, Cucciolo, yang dipasangkan pada sepeda motor. Kapasitas Cucciolo pun kemudian diperbanyak, mulai dari 60, 65, 98, sampai 125 cc.

Tahun 1951, BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi
produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kedudukan BSA diambil alih oleh
NSU (Jerman) tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an hingga kini, Honda
tercatat sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia.
Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan
nama cub. Sepeda motor jenis bebek ini sangat populer sehingga modelnya
pun ditiru oleh perusahaan pembuat sepeda motor asal Jepang lainnya,
seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki.
Pada tahun 1952 Suzuki mencoba membuat bracket untuk mesin tempel pada speda yang diberi nama Power free (36 cc).Pada tahun 1955, Suzuki memproduksi sepeda motor yang menyandang mesin
berkapasitas 125 cc, empat langkah, dan 1 silinder. Namun, 10 tahun
kemudian, Suzuki juga merambah ke mesin dua langkah, yang merupakan
spesialisasinya.
Tahun 1955, Yamaha memproduksi YA-1, sepeda motor yang menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 125 cc. Pada tahun 1970, 15 tahun sesudahnya, diproduksi Yamaha XS-1 yang menyandang mesin empat langkah yang berkapasitas 650 cc, dalam konfigurasi V.
Tahun 1955, Yamaha memproduksi YA-1, sepeda motor yang menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 125 cc. Pada tahun 1970, 15 tahun sesudahnya, diproduksi Yamaha XS-1 yang menyandang mesin empat langkah yang berkapasitas 650 cc, dalam konfigurasi V.
Kawasaki muncul agak belakangan. Kawasaki baru memproduksi sepeda
motornya yang pertama, B8, pada tahun 1961. Sepeda motor keluaran
Kawasaki itu menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 125 cc. Pada
tahun 1973 atau 12 tahun sesudahnya, Kawasaki memproduksi Kawasaki Z1,
yang menyandang mesin empat langkah dengan kapasitas 900 cc.
Sosok yang menarik, mesin yang andal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia.
Sosok yang menarik, mesin yang andal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia.
Namun, nama-nama Harley Davidson tetaplah merupakan sepeda motor yang populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian juga dengan BMW, Triumph, dan Ducati.
Pada tahun 2006, perusahaan Belanda, EVA Products BV Holland, mengumumkan kehadiran sepeda motor bermesin diesel komersialnya yang pertama, Track T-800CDI. Sepeda motor itu menyandang mesin diesel 800 cc, 3 silinder, buatan Daimler. Bagaimanapun, perusahaan-perusahaan pembuat sepeda motor lain, termasuk Royal Enfield, juga memproduksi sepeda motor bermesin diesel, paling tidak sejak tahun 1965.
Smoga artikel ini bermanfaat, Trimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar